Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Bali, merupakan himpunan top eksekutif profesional seperti General Manager dari berbagai hotel dan villa di Bali di bawah IHGMA Indonesia, dengan bangga mempersembahkan agenda perdananya di program tahunan Certification & Development melalui terselenggaranya Strategic Financial Management Seminar.
Seminar berlangsung di B Hotel, Jalan Imam Bonjol, Denpasar, Bali pada Selasa, 23 Agustus 2016, dimulai pada pukul 08.00 WITA hingga 14.00 WITA. Dalam seminar ini IHGMA Bali mengundang pembicara ahli di bidang Keuangan, yaitu Bp. I Gusti Putu Wisesa, CHA, Vice President, Finance – Asia Commune Hotel and Resorts (Alila, Joie De Vivre, Thompson, dan Tommie) yang dengan sukses berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam manajemen keuangan. Hadir pula Executive Committee IHGMA Bali, antara lain Ketua IHGMA Bali, Bp. Nyoman Astama, SE, CHA, Ketua Panitia Seminar Ibu Fransiska Handoko, CHA serta Bp. Ketut Swabawa, CHA yang berperan sebagai moderator dalam memimpin seminar interaktif yang diperuntukkan bagi posisi top manajemen.
Seminar yang berlangsung interaktif ini dihadiri oleh General Manager, Operation Manager, Hotel Manager, Executive Assistant Manager dan Manajer Villa yang ikut berpartisipasi dalam dialog dan diskusi acara Strategic Financial Management Seminar.
Seminar tersebut dibagi menjadi tiga sesi. Pada sesi pertama, bahasan menitikberatkan dan fokus pada Role of Accounting and Finance Department, Financial Management, Accounting Management, and Operating Budget. Ini merupakan hal-hal yang penting bagi hotelier untuk mengoperasikan properti mereka. Utamanya digunakan dalam membuat laporan pembiayaan, profitabilitas produk, dan profitabilitas konsumen.
Kemudian di sesi kedua, seminar membahas tentang BEP (Break Even Point), Costing Method, Financial Statement & Cost Center, KPI (Key Performance Indicators), and Taxation. Sementara di sesi terakhir, pembahasan berupa Hotel Operating Equipment, CAPEX (Capital Expenditures), Corporate Governance in Accounting and Risk Management/ Insurance Coverage. Dalam Strategic Financial Management Seminar tersebut, informasi khusus dan spesifik diberikan untuk para manager atau mereka yang memiliki peran sebagai pemimpin dan bertanggung jawab penuh mengendalikan operasional hotel. Informasi ini diharapkan untuk digunakan dalam perencanaan jangka pendek dan jangka panjang serta pengambilan keputusan financial.
Selain itu, hasil seminar ini dapat pula diterapkan dalam pengendalian biaya, sumber daya manusia dan operasional hotel. Melalui Strategic Financial Management Seminar yang diadakan oleh IHGMA Bali, diharapkan bagi level Top Manajemen untuk mengerti serta bijak dalam mengambil keputusan mengenai bagaimana menerapkan Manajemen Keuangan dalam sistem operasional hotel.
Menurut pernyataan Bapak K. Swabawa, CHA ( Seminar moderator dan Ketua Sertifikasi & Pelatihan IHGMA Badan Pusat ), “IHGMA selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik melalui program – program komprehensif sebagai salah satu keuntungan menjadi anggota kami. Seminar ini adalah program yang sangat berstrategi guna menghasilkan pemahaman kepada General Manager tentang Pengelolaan Keuangan dan menerapkan praktek analitis terbaik dalam mengevaluasi dan membuat keputusan di dunia bisnis perhotelan “ -Rls
Strategic Financial Management Seminar
No comments:
Post a Comment